7 hal yang membuat kamu berani melakukan kemaksiatan

Pada hakikat nya, setiap manusia yang terlahirkan ke muka bumi adalah bersifat fitrah (suci), tidak membawa dosa sama sekali meskipun anak tersebut merupakan hasil dari perzinahan kedua orang tua nya.

Maha Adil Allah dengan tidak membebani seseorang atas tindakan yang tidak pernah dilakukan nya.

Lantas seseorang dapat melakukan sebuah kemaksiatan jika berada dalam kondisi tertentu, kondisi-kondisi yang seperti inilah yang mampu mendukung seseorang hingga berani melakukan kemaksiatan, apa sajakah itu?

1. Lemah nya iman dan kurangnya ilmu

Kurang nya ilmu seseorang tentang agama membuat orang tersebut acuh tak acuh terhadap segala tindakan yang dilakukan nya, kurang nya pemahaman terhadap dosa dan dampak buruk dari melakukan maksiat membuat orang tersebut merasa nyaman atas kemaksiatan nya.

Dalam kondisi seperti inilah dakwah sangat dibutuhkan kehadiran nya untuk menyadarkan saudara-saudara kita yang masih belum memahami tentang syariat Islam.

2. Bersama teman bergaul yang jelek

Kalau kamu ingin wangi, maka bermainlah dengan tukang minyak, kalau kamu ingin menjadi orang yang baik, maka bergaullah dengan orang-orang yang baik pula.

Kepribadian seseorang bisa kita lihat dengan cara mencari tahu siapa saja yang berteman dengan nya, karena orang yang shaleh pasti juga akan berkumpul dengan orang-orang yang shaleh.

Faktor lingkungan sangat mempengaruhi tingkah laku seseorang, pertumbuhan karakter seseorang juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan nya.

Maka terkadang seseorang terbiasa melakukan kemaksiatan karena bermain dengan orang-orang yang memang sudah terbiasa melakukan hal-hal maksiat, oleh karena nya, jika kamu ingin berubah / berhijrah, pandai-pandai lah dalam memilih teman bergaul, berkumpullah bersama dengan orang-orang yang baik jika kamu ingin menjadi orang baik.

3. Tidak mau menundukkan pandangan

Salah satu kelemahan dari seorang pria adalah terletak di pandangan nya, bahkan Allah sendiri sangat menegaskan hal ini

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur [24] : 30).

Menundukkan pandangan meruapaka dasar dan sarana untuk memelihara kemaluan, oleh karena nya pada ayat ini Allah memerintahkan seorang hambanya untuk menahan pandangan nya terlebih dahulu.

Di zaman milenial seperti sekarang ini memang sangat sulit untuk menjaga pandangan, ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi dan booming nya media sosial yang membuat seseorang bisa melihat apapun secara bebas sesuai dengan keinginan nya.

Oleh karena nya kita diharapkan untuk bisa mengatur waktu dalam bermain sosmed sebaik mungkin.

Bahkan Allah sendiri menjanjikan kemuliaan untuk mereka para laki-laki yang mampu untuk menundukkan pandangan nya :

”Memandang wanita adalah panah beracun dari berbagai macam panah iblis. Barangsiapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberi balasan iman kepadanya yang terasa manis baginya” (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 7875).

4. Banyak waktu luang yang sia-sia

Tanpa disadari, waktu luang memang terbiasa dilakukan oleh manusia untuk melakukan hal-hal yang maksiat, atau hal-hal yang tidak memiliki manfaat sama sekali.

Agar tidak terjebak dalam kemaksiatan, cobalah untuk mencari rutinitas lain yang dirasa lebih bermanfaat agar hari-hari mu bisa terisi dengan kegiatan-kegiatan positif, setidak nya bisa dijadikan sebagai pengalihan agar kamu tidak melakukan kemaksiatan.

5. Bermudah-mudahan dalam menerjang yang haram

Yaps, dengan kecanggihan teknologi yang kamu miliki, kamu bisa menerjang seseuatu yang haram dengan sangat mudah, contoh nya adalah seperti menonton video porno, bermain jidi online, menipu orang via medsos, dan lain sebagai nya.

Kecanggihan teknologi memang memiliki manfaat yang banyak sekali untuk si pengguna nya, tapi jika tidak digunakan dengan cara yang bijak, maka teknologi tersebut bisa menjadi bumerang untuk dirimu.

6. Dekat pada tempat yang dapat membangkitkan syahwat

Terkadang seseorang bisa melakukan kemaksiatan tanpa ada niatan sebelum nya, akan tetapi bisa saja karena ada kesempatan.

Kemudahan dalam menemukan tempat yang bisa menimbulkan syahwat membuat seseorang bisa melakukan kemaksiatan walaupun sebelum nya tidak ada niatan untuk melakukan nya, jika kamu dalam kondisi yang seperti ini, sebaik nya kamu berhijrah mencari lingkungan yang lebih bernuansa islami.

7. Kesendirian

Banyak orang yang terlihat alim jika berada di suatu perkumpulan, akan tetapi sering melakukan kemaksiatan didalam kesendirian nya, hal ini sangat berbahaya, kenapa? Karena melakukan kemaksiatan dalam kesendirian bisa menggurkan pahala yang sebesar gunung.

Kondisi dalam kesendirian inilah yang biasa nya memang sering dilakukan untuk melakukan kemaksiatan, tapi ingatlah, walaupun kemaksiatan mu tidak memberikan dampak kerugaian untuk orang lain, tapi yang nama nya melakukan kemaksiatan tetap akan bernilai dosa.

0 Response to "7 hal yang membuat kamu berani melakukan kemaksiatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel