Bingung untuk memulai usaha? Coba baca ini

Terkadang ada beberapa orang yang ingin sekali untuk membuka usaha sendiri, tapi bingung mau mulai dari mana, dan apa aja yang harus dilakukan?

Kebingungan ini muncul karena tidak tahu apa yang harus dilakukan, langkah apa yang harus diambil pertama kali. Selain itu, kondisi yang tak pasti juga semakin menambah rasa kebingungan seseorang.

Rasa bingung seseorang untuk memulai usaha adalah akibat dari belum mengetahui nya dasar-dasar dari sebuah bisnis, ilmu dasar ini sangat penting, karena akan menunjang kesuksesan bisnis kamu nanti nya, layak nya sebuah pondasi sebuah rumah, semakin kuat pondasi nya, semakin kokoh juga bangunan tersebut.

Berikut adalah hal-hal dasar yang perlu kalian tanamkan di dalam diri kalian masing-masing :


1. Berikan pelayanan terbaik terhadap konsumen

Tujuan kita dalam membuka usaha adalah untuk mencari konsumen dan mendapatkan hati nya, berikan pelayanan terbaik agar mereka mau menaruh kepercayaan terhadap kita, berikan mereka promosi terbaik agar mereka mau belanja terus dengan kamu.

2. Berikan produk terbaik kamu

Kamu harus memiliki produk berkualitas yang di bisa di andalkan, setidak nya si konsumen memiliki rasa puas terhadap barang yang sudah mereka beli, sehingga nanti nya jika suatu saat mereka ingin membeli kembali barang tersebut, mereka akan kembali ke kamu.

3. Selalu lihat dari kacamata konsumen

Apapun perubahan bisnis yang akan kamu lakukan, cobalah untuk melihat nya dari kacamata konsumen, apakah mereka akan merasa nyaman dengan kebijakan baru kalian atau tidak? Sebagai contoh, jika kamu ingin menaikkan harga barang nya, kamu harus cari tahu dulu target pasar dari barang2 tersebut, orang-orang seperti apa yang akan membeli nya, dan bayangkan kalau kamu menjadi orang tersebut, apakah harga tersebut layak?

4. Fokus dengan usaha anda

Kalau kata pepatah "satu burung di tangan akan lebih baik ketimbang sepuluh burung di pohon", kamu boleh mengembangkan usaha mu atau membuka usaha yang lain, tapi kamu harus tetap fokus ke bisnis kamu yang pertama, jangan sampai karena terlalu sibuk mengurusi bisnis yang lain, tapi bisnis yang awal malah terbengkalai.

5. Atur keuangan dengan baik

Jangan pernah mencampur adukkan keuangan hasil dari bisnis dengan keuangan milik pribadi, kalau bisa buatlah dua rekening untuk memisahkan nya, jangan pernah menghambur-hamburkan uang hasil usaha untuk keperluan pribadi kamu. Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi bisa berakibat sangat fatal kalau kamu melanggar nya.

Apa keuntungan dari berwirausaha?


Sebagai motivasi tambahan, agar menumbuhkan rasa semangat dalam berwirausaha, serta menghilangkan rasa keraguan yang selama ini menghantui, mungkin hal-hal dibawah ini akan lebih memotivasi diri kamu untuk segera terjun ke dunia bisnis :

1. Mengamalkan sunnah Rasul

Rasulullah adalah Entrepreneur sejati, Rasulullah menyuruh kita untuk "JUAL-lah", bukan menyuruh untuk berkerjalah pada si fulan, karena menjadi pengusaha adalah bagian dari sunnah Rasul.

Rasul sendiri adalah seorang pengusaha, seorang pedangan yang berkah, begitu juga dengan istrinya siti Khadijah, seorang wanita pengusaha yang amat di hormati, rasul sendiri mengatakan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki adalah berniaga.

2. Agar bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat

Jika kamu sukses dalam menjalankan suatu bisnis, otomatis kamu akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar di banding menjadi pegawai kantoran, sehingga dengan penghasil besar mu, akan menjadi sarana untuk mensejahterakan hidup orang banyak, minimal yang ada di lingkungan sekitar kamu.

3. Menaikkan martabat Keluarga

Salah satu impian dan tekad saya yang pasti insya Allah akan saya capai, yaitu mengangkat martabat keluarga, membangun peradaban Islam minimal dalam ruang lingkup keluarga terlebih dahulu, menjadikan keluarga yang mandiri dan sejahtera, serta memiliki pengaruh untuk agama, nusa, dan bangsa.

4. Memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga

Walaupun tidak ada jaminan bahwa menjadi wirausahawan akan memiliki lebih banyak waktu ketimbang menjadi pegawai kantoran, tetapi dengan memiliki bisnis sendiri, kita bisa mensiasati untuk menjalankan bisnis bersama keluarga.

Jadi pengusaha itu harus punya kemauan, harga diri, dan hidup baik, sebab apapun yang dilakukan pasti ada resikonya.
Jadi segeralah Action, Just Do It..

0 Response to "Bingung untuk memulai usaha? Coba baca ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel