Filosofi Rokok Dji Sam Soe menurut Cak Nun

Rokok merupakan suatu barang yang gampang banget kita temui di sekitar kita, mungkin rokok adalah salah satu barang yang paling banyak beredar serta paling cepat peredaran nya, dari warung kecil sampai supermarket pun kita bisa menemukan nya, tak perlu ke warung pun, terkadang kita bisa menemukan barang tersebut tergeletak begitu saja di dalam rumah kita.

Rokok sendiri memiliki beberapa merk, salah satu nya yang menjadi legendaris adalah Rokok Dji Sam Soe, rokok yang terkenal karena bisa mengobati penyakit batuk cukup nge-trend untuk kalangan orang tua, gak heran ada beberapa wilayah di Indonesia yang menyebut rokok ini dengan sebutan rokok aki-aki.

Filosofi Rokok menurut Cak Nun

Cak nun menjelaskan arti rokok di dalam video dibawah ini.

Didalam video tersebut, cak nun menyatakan bahwa boleh-boleh saja seorang ulama untuk menentukan hukum dari rokok, baik itu haram atau pun makruh, tapi yang jadi penekanan nya adalah bahwa setiap orang memiliki berhak untuk menentukan pilihan nya masing-masing, karena tanggung jawab nya kepada Allah, bukan kepada ulama.

Jumlah Bintang

Menurut cak nun, rokok dji sam soe konsumen utama nya adalah orang NU, karena yang menyarankan untuk dibikin nya rokok ini adalah Syaikhona Kholil, yaitu guru nya dari Ahmad Dahlan dan Hasyim, rokok dji sam soe ini juga dibuat dengan menggunakan tembakau madura, kemudian kalo kita berbicara tentang logo, di bungkus rokok Dji Sam Soe ini terdapat 9 bintang.
Nah jumlah bintang pada bungkus rokok tersebut sama seperti jumlah bintang yang ada di logo NU.

Arti angka 234

Di bungkus rokok tersebut juga terdapat angka 234, nah masing-masing angka tersebut juga memiliki arti nya masing-masing, 2 menandakan Shubuh, 3 menandakan Maghrib, dan 4 menandakan Dzuhur Ashar dan Isya.

Fatsal-5

Dibawah angka 234, terdapat tulisan fatsal-5, apa arti nya? Ternyata ada beberapa makna penting yang memiliki keterkaitan dengan angka 5, misalkan seperti rukun Islam yang jumlah nya 5, kemudian pancasila juga terdiri dari 5 sila, sholat dalam sehari semalam juga terdiri dari 5 waktu yaitu shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

Pesan Nabi bahwa jaga yang 5 sebelum datang yang 5 yaitu: pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu, pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu, dan pergunakan hidupmu sebelum datang matimu.

Nah jadi itu dia filosofi Rokok Dji Sam Soe, menarik kan?

0 Response to "Filosofi Rokok Dji Sam Soe menurut Cak Nun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel