Jaminan Langsung dari Allah untuk mereka yang mengerjakan Sholat Tahajud

Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang paling utama setelah sholat wajib, dikerjakan di sepertiga malam terakhir setelah tidur.

Shalat tahajud memiliki keutamaan yang sangat tinggi, bahkan didalam alquran, sholat tahajud adalah satu-satu nya sholat sunnah yang di lekatkan langsung kepada sholat wajib, berdasarkan QS. Al-isra ayat 78-79.

Sebelum kamu melaksanakan sholat tahajud, sebaik nya jangan langsung melaksanakan nya, akan tetapi cari tahu terlebih dahulu apa keistimewaan-keistimewaan yang akan diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba nya yang melaksanakan sholat Tahajud. Hal ini bisa dijadikan sebagai motivasi agar kamu tetap konsisten mengerjakan nya.

Jaminan Langsung Dari Allah


Allah sendiri lah yang akan memberikan jaminan nya secara langsung, jaminan-jaminan ini di sebutkan langsung oleh Allah di dalam al-quran, bukan lagi lewat hadits, sebagaimana yang di sebutkan di dalam alquran surat al-isra ayat 79-81

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah: "Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap." (QS. Al-isra: 79-81).

Jadi, se khusyuk apa pun sholat wajib kamu, keutamaan nya tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak mengerjakan sholat Tahajud, karena keutamaan ini memang di khususkan untuk mereka-mereka yang mengerjakan sholat Tahajud, apa sajakah itu?

1. Akan di sukseskan karir nya, dan dimudahkan pekerjaan nya

Jadi Allah akan memudahkan nya dalam beraktifitas, bukan hanya dimudahkan, tetapi juga di angkat derajat karir nya.

2. Akan dibimbing oleh Allah dalam mengawali aktifitas nya

Tidak ada yang paling menyenangkan didalam kehidupan kita ini, jika sudah dibimbing oleh Allah. Maka jika sudah dibimbing, kita tidak akan lagi menemukan teman yang buruk dalam pergaulan kita, langkah kaki kita pun akan terasa berat jika ke tempat maksiat.

3. Diberikan solusi terbaik jika punya masalah

Jika kita sering mendekat kepada Allah melalui Tahajud, maka kita akan di berikan solusi ketika menghadapi sebuah permasalahan.

4. Allah akan menolong nya langsung tanpa perantara

Jika ada seseorang yang mengganggu kamu, maka Allah lah yang akan langsung menolong nya.

Jadi rumus nya, jika kamu ingin melakukan sholat Tahajud, cobalah untuk mengingat 4 hal diatas, karena 4 hal diatas bisa dijadikan motivasi untuk menambah semangat mu agar tetap konsisten dalam mengerjakan sholat Tahajud.

Keutamaan lain sholat Tahajud


Selain 4 hal diatas, ada banyak juga keutamaan lain mengenai sholat Tahajud yang telah disebutkan di dalam alquran dan beberapa hadits, apa sajakah itu? Yuk disimak :

1. Disejukkan pandangan matanya

Disebutkan di dalam al-quran bahwa orang yang menunaikan shalat tahajud akan disejukkan pandangan mata nya. Sebagaimana firman Allah SWT:

"Lambung mereka jauh dari tempat tidur nya, sedang mereka berdoa kepada tuhan nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rizki yang kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang di sembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. as-Sajdah: 16-17).

2. Mendapat derajat yang mulia

Sedangkan mereka yang mengerjakan shalat tahajud, kelak di akhirat akan memperoleh tempat yang terpuji atau maqaman mahmuda. Sebagaimana firman Allah SWT:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.: (QS. al-Israa: 17)

3. Mendapat pahala seperti pahala sedekah secara sembunyi-sembunyi

Perbandingan shalat sunnah malam dengan shalat sunnah yang dikerjakan di siang hari bagaikan sadaqah yang ditunaikan dengan sembunyi-sembunyi dan sadaqah yang di lakukan secara terang-terangan. Ini merupakan pendapat sahabat Abdullah Ibnu Mas'ud, beliau berkata, "Keutamaan shalat sunnah di waktu malam dibandingkan dengan shalat sunnah di siang hari adalah seperti sedekah secara sembunyi-sembunyi dan sedekah yang terang-terangan." (H.R ath-Thabrani)

Menurut ulama sedekah secara sembunyi-sembunyi itu lebih utama daripada sedekah yang terang-terangan. Karena sebaik-baik sedekah adalah ketika seorang yang bersedekah tersebut tidak merasa sombong atau sekedar pamer.

Dan hal itu sangat berpengaruh pada niat hatinya, sedekah tidak bernilai pahala jika niatnya adalah untuk menyombongkan diri atau pamer. Sebaliknya jika bersedekah secara sembunyi-sembunyi maka lebih aman dari sifat-sifat dan niat yang tidak baik seperti tersebut di atas.

Sedekah secara sembunyi-sembunyi ini di antara keutamaan nya adalah ia mampu mencegah kemarahan Tuhan. Seseorang yang melakukan nya akan mendapat naungan dari Allah SWT, yakni pada saat tidak ada lagi naungan kecuali dari Allah SWT. Begitu juga dengan shalat tahajud, ia memiliki keutamaan yang sama sebagai mana sedekah secara sembunyi-sembunyi.

4. Bukti kemenangan melawan setan

Banyak keutamaan yang terkandung di dalam shalat tahajud, di antaranya adalah bahwa shalat tahajud merupakan bukti kemenangan seseorang dari musuh yang utama, yaitu setan. Karena dalam satu hadits riwayat al-Bukhari diterangkan bahwa manusia ketika tidur diikat oleh setan dengan tiga tali. Dan pada tiap talinya diikat dengan mantra setan, "Malam masih panjang, maka tidurlah."

Namun jika seseorang telah bangun mengingat Allah SWT, maka tali tersebut terlepas satu. Dan bila seseorang berdiri kemudian mengambil air wudhu maka tali kedua lepas. Dan pada saat shalat tahajud semua tali terlepas dan orang tersebut dalam kondisi segar bugar hingga hilanglah rasa malas dalam dirinya.

5. Shalat sunnah yang paling utama setelah shalat fadhu

Keutamaan yang lain adalah shalat tahajud merupakan shalat yang paling utama setelah shalat fadlu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa sunnah di bulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fadlu adalah shalat sunnah di malam hari (tahajud dan witir)." (H.R at-tirmidzi)

6. Mendapat kamar surga yang istimewa

Dan orang yang mengerjakan shalat tahajud akan diberi kamar khusus di surga, kamar yang bagian luar nya terlihat dari dalam dan bagian dalam nya terlihat dari luar.

Allah menyediakan kamar khusus tersebut bagi orang yang suka memberi makan orang miskin, menyebarkan salam, dan shalat malam saat manusia sedang tertidur.

7. Wajah nya terlihat tampan

Seseorang yang sering menunaikan shalat tahajud di tengah malam akan memesona wajah nya di siang hari, dan terlihat tampan. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajah nya akan terlihat tampan di siang hari." (H.R. Ibnu Majah)

8. Pada setiap malam terdapat waktu yang mustajab

Dan pada malam hari terdapat waktu di mana doa orang Muslim dikaulkan oleh Allah SWT, baik doa berupa kebaikan dunia maupun akhirat, dan itu berlangsung pada setiap malam. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, dari Jabir berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguh nya pada malam hari terdapat satu waktu, tidak ada seorang Muslim yang memohon suatu kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah SWT, kecuali Allah SWT akan mengabulkan permohonan nya. Dan itu berlangsung setiap malam." (H.R. Muslim)

Dan pada dasar nya meminta pertolongan yang terbaik kepada Allah SWT adalah dengan shalat.

9. Tuhan pun kagum

Dan masih banyak lagi keutamaan lain yang terdapat dalam shalat tahajud karena ia merupakan shalat yang mulia. Bahkan Allah SWT kagum pada seorang lelaki yang bangun di malam hari meninggalkan tempat tidur nya dan pelukan isteri nya untuk menunaikan shalat malam.

0 Response to "Jaminan Langsung dari Allah untuk mereka yang mengerjakan Sholat Tahajud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel