Ramalan Rasulullah tentang kecanggihan teknologi seperti di zaman sekarang ini

Kecanggihan teknologi dizaman sekarang ini sangat berdampak kepada para pengguna nya. Manusia di era milenial seperti sekarang ini mampu melakukan pekerjaan yang dulu terasa sulit kini hanya dalam hitungan menit, bahkan untuk memenuhi kebutuhan hajat mereka pun terasa begitu instan.

Sebagai contoh, dalam memesan makanan, kalau dahulu kita harus dateng ke tempat nya, belum lagi harus menunggu antrian nya, kini sekarang kita bisa dengan mudah nya memesan lewat sebuah layar, dimana saja, kapan saja, hanya dengan men tap nya beberapa kali, dalam hitungan menit makanan pun sudah ada yang mengantar ke rumah kita.

Ini adalah contoh dari perkembangan teknologi yang juga merubah gaya hidup suatu masyarakat. Teori evolusi manusia milik darwin seperti nya juga berlaku untuk teknologi.

Evolusi Teknologi

Bayangkan saat pertama kali handphone di buat, memiliki ukuran yang sangat besar dan tebal, bahkan untuk di genggam pun terasa sangat tidak nyaman, tapi di setiap perkembangan nya, ukuran nya selalu di perbaiki agar nyaman untuk di genggam, bahkan ketebalan nya pun dikompress menjadi sangat tipis, beberapa fitur di sematkan kedalam nya, tidak hanya untuk menelpon, tapi bisa juga untuk menghitung, mendengarkan radio, bermain game, dan lain sebagai nya.

Saya teringat dengan HP Nokia jadul yang memiliki fitur GPS di dalam nya di banderol dengan harga di atas 5 jutaan, sekarang? hampir semua hp memiliki fitur tersebut, bahkan sudah menjadi kewajiban.

Ramalan Rasulullah


Fenomena semacam ini, sudah diramalkan oleh seorang manusia yang paling agung sekitar 1400 tahun yang lalu, yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Beliau sudah memberitahukan akan kedatangan masa-masa seperti ini, dikemas dalam beberapa hadits ringan yang insya Allah shahih, seperti di bawah ini :

Telepon seluler

Hari Akhir tak akan tiba sebelum seseorang berbicara dengan gagang cambuknya.
(HR. Tirmizi)

Internet

Sebuah suara dari langit yang mana setiap orang akan mendengarnya dalam bahasa mereka sendiri-sendiri.
(Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi ‘Alamat al-Mahdi Akhir az-Zaman)

Transportasi

Jarak-jarak yang sangat jauh akan dilintasi dengan waktu singkat.
(HR. Ahmad, Musnad)

Arsitektur

Tidak akan ada (Hari) Pengadilan hingga gedung-gedung yang sangat tinggi dibangun.
(Diriwayatkan oleh Abu Hurairah)

Hari ini, hampir semua manusia yang ada di pelosok bumi telah merasakan apa yang sudah diramalkan oleh Rasulullah pada hadits di atas. Semua sudah serba canggih, seperti tak ada lagi batasan tempat, jarak yang sangat jauh akan mampu dilintasi dengan waktu yang singkat, komunikasi pun dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik walaupun memiliki perbedaan jarak yang sangat jauh.

Dampak negatif Teknologi untuk teknologi itu sendiri


Dampak negatif teknologi untuk teknologi itu sendiri, mungkin terdengar agak aneh, tapi hal inilah yang saya rasakan selama ini, dimana ilmu teknologi terus berkembang, maka si pengguna teknologi tersebut pun juga harus mengembangkan perangkat teknologi mereka.

Dulu, laptop dengan ram 2 GB sudah dirasa sangat cukup, tapi sekarang jangankan 2 GB, dengan ram 4GB pun masih dirasa sangat kurang, ini di akibatkan oleh perangkat lunak yang kian hari semakin banyak memakan ram, akibat dari pengembangan dari perangkat lunak itu sendiri.

Bahkan smartphone yang memiliki ram hanya 1 GB pun sudah terasa sangat lambat sekali, membuka aplikasi chatting seperti WA yang dulu nya lancar, kini ada jeda beberapa detik sebelum benar-benar terbuka interface nya.

Beberapa website yang dulu nya sangat simple, kini sudah banyak yang mengandung plugin demi tercipta nya fitur yang responsif agar terlihat menarik di semua ukuran layar.

Akibat nya, para pengguna teknologi itu sendiri mengalami kewalahan dalam menghadapai perkembangan ilmu teknologi nya, sudah banyak perangkat keras mereka yang tidak kompatibel yang harus segera di upgrade, demi tuntutan hidup yang cepat dan efisien.

Layak nya seperti balon


Setiap hari nya, jutaan photo maupun video di upload di instagram, di facebook atau di youtube, ada banyak jutaan pesan yang dikirim setiap hari nya melalui aplikasi chatting seperti whatsapp atau telegram, jutaan GB tiap hari nya akan terus menempati space disk yang telah disediakan.

Saya jadi teringat dengan tempat penyimpanan data yang bernama floppy-disk, atau yang lebih dikenal dengan nama disket, sebuah tempat penyimpanan yang berkapasitas 1.44 MB saja, apa kabar nya hari ini? apakah masih ada yang menggunakan nya? saya rasa sudah gak mungkin ada. Bentuk nya yang kotak dan kecil nya memori penyimpanan membuat barang tersebut musnah di telan zaman. Sekarang sudah tergantikan dengan benda kecil yang berukuran sebesar jempol tangan, tetapi dapat menyimpan data ribuan kali lipat dari floppy-disk.

Bahkan dizaman sekarang pun, jika kamu tidak memiliki tempat penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau harddisk, kamu masih dapat menyimpan nya secara online seperti di google drive atau dropbox.

Pernahkah kalian membayangkan jika suatu hari nanti, sistem yang ada sekarang ini akan menemui batas nya, walaupun setiap manusia akan terus berusaha untuk mencegah nya dengan cara mengembangkan nya terus menerus, tapi tetap saja, data yang sudah masuk akan terus bertama jutaan GB setiap hari nya. Layak nya seperti sebuah balon, jika sudah terisi penuh, pasti akan meledak.

Suatu hari nanti akan ada meteor yang menghantam bumi hingga menghilangkan energi elektromagnetik bumi yang selama ini telah berjasa untuk menghidupkan segala benda yang memiliki aliran listrik, termasuk semua kendaraan mu. Energi tersebut lah yang mampu membuat benda-benda logam dapat menghantarkan listrik, sekarang bayangkan apa yang terjadi jika energi tersebut hilang? Maka kita semua akan kembali ke zaman batu, atau akan kembali ke zaman seperti Rasulullah yang belum ada listrik.

0 Response to "Ramalan Rasulullah tentang kecanggihan teknologi seperti di zaman sekarang ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel