Seberapa banyak uang yang kamu butuhkan? Dan apa yang akan kamu lakukan?

Dari sekian banyak pertemuan dengan orang-orang yang sudah saya kenal, rata-rata impian mereka adalah ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis online, atau setidak nya mereka ingin memiliki usaha sendiri agar memiliki penghasilan tambahan selain diluar gaji dari kantor.

Saat di tanya alasan nya kenapa ingin memiliki usaha sendiri? Jawaban nya paling umum adalah karena ingin menjadi kaya, jawaban yang manusiawi memang, semua orang termasuk saya pasti juga ingin menjadi kaya. Kenapa harus kaya? Agar bisa memenuhi semua kebutuhan hidup, agar hidup ini menjadi tenang, dan agar bisa membahagiakan orang-orang yang kita cintai.

Seberapa banyak uang yang kamu butuhkan?


Oke, sekarang mari kita main hitung-hitunga an, sebetul nya berapa banyak uang yang kita butuhkan? Hal rutin yang pasti menjadi pengeluaran kita adalah biaya makan dan minum, biaya transportasi, biaya listrik, biaya pakaian, biaya anak, dan biaya hiburan.

Jika kita menghitung kebutuhan primer, rata-rata dari semua teman saya biasanya menghabiskan 5 juta dalam sebulan, untuk yang dibawah itu sangat jarang sekali kecuali yang masih single, tetapi untuk yang diatas masih terbilang cukup banyak.

Anggap saja kita menghabiskan 5 juta untuk sebuah pengeluaran dalam setiap bulan nya, belum termasuk biaya untuk menabung atau mentraktir teman, lantas jika itu saja sudah cukup, mengapa kita harus mencari lebih dari yang itu?

Kenapa ingin mendapatkan lebih?


Saya sendiri pun walaupun nominal tersebut sebetul nya sudah cukup untuk saya pribadi, tetapi saya masih terus berusaha untuk mendapatkan lebih banyak, bukan karena rakus terhadap harta, tetapi ada alasan lain yang ingin saya capai, apa sajakah itu?

1. Memiliki peluang sedekah lebih banyak

Bagi saya dengan memiliki banyak uang, maka peluang sedekah nya pun akan menjadi semakin banyak, ada rasa kepuasan tersendiri jika kita mampu untuk menolong orang lain, apalagi di saat mereka sedang merasa kesusahan, otomatis rasa dermawan ini akan memberikan ketenangan dalam hati, serta membawa keberkahan didalam kehidupan keluarga kita, semakin banyak kamu menolong orang lain, maka semakin banyak pula kamu akan dihormati oleh orang lain.

2. Membahagiakan orang-orang yang saya cintai

Salah satu alasan saya untuk terus berjuang adalah agar saya bisa membahagiakan orang yang sangat sayangi, saya sangat merasa sedih jika orang yang saya sayangi kesusahan, itulah mengapa saya harus terus berjuang demi kesejahteraan mereka, rasa capek dan lelah ini tidak artinya jika dibandingkan dengan senyum kebahagiaan mereka.

3. Sarana Dakwah

Dengan memiliki harta lebih, akan saya pergunakan juga sebagai sarana dakwah, bisa dengan membantu biaya para ustadz yang sedang berjuang dalam dakwah nya, atau bisa juga dengan membangun pondok pesantren sendiri, inti nya saya akan pergunakan uang saya untuk kepentingan agama.

Kesimpulan


Inti nya. jika kita ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari sebetul nya tidak harus menjadi kaya, yang penting adalah cukup, cukup untuk makan, cukup untuk minum, cukup untuk biaya sekolah anak, dan lain sebagai nya.

Tapi terkadang, kita selalu merasa kurang karena gaya hidup kita yang suka berlebihan alias foya-foya, kalo kata bob sadino bergayalah sesuai dengan isi dompet mu, perbanyaklah bersyukur.

Setiap pengeluaran pasti berbanding lurus dengan pemasukan, semakin besar pemasukan mu makan akan semakin besar pula pengeluaran mu, oleh karena itu.

Carilah rezeki dengan cara yang halal, maka insya Allah akan ada keberkahan didalam nya.

Jika kamu memiliki harta lebih, ingatlah bahwa didalam harta mu juga terdapat hak orang lain, jangan lupa sedekah, jangan lupa berzakat, lebih bagus lagi jika kamu gunakan untuk membiayai sarana dakwah.

0 Response to "Seberapa banyak uang yang kamu butuhkan? Dan apa yang akan kamu lakukan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel