Sifat pelit bisa mendatangkan musibah

Siapa yang gak kesel sama orang yang pelit? mimin sendiri juga kesel banget, bahkan orang pelit sendiri pun akan kesal jika ada orang lain yang pelit ke diri nya.

Kekesalan mimin karena orang pelit itu identik dengan egois, gak pernah memikirkan orang lain, hanya mementingkan diri nya sendiri, jangankan untuk berbagi ke sesama, membelanjakan uang untuk diri nya sendiri aja terkadang masih mikir ribuan kali.

Orang-orang yang kayak begini yang biasanya datang hanya ketika membutuhkan, tapi giliran kita yang membutuhkan nya, diri nya tak pernah mau membantu.

Sifat pelit dibenci oleh Allah


Nah, sifat kikir ini selain di benci oleh manusia, ternyata juga di benci oleh Allah. Bahkan rasul sendiri menegaskan jangan sampai sifat kikir ini ada didalam diri seorang mukmin.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Ada watak yang keduanya tidak boleh ada dalam diri seorang mukmin, yaitu akhlak buruk dan kikir.” (HR. Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada dua macam akhlak yang disukai oleh Allah SWT, dan dua macam akhlak yang dibenci oleh-Nya. Dua akhlak yang disukai Allah SWT adalah dermawan dan berani. Dua akhlak yang tidak disukai oleh-Nya adalah akhlak yang buruk dan kikir. Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Dia menjadikannya sebaik amal yang selalu memenuhi keperluan-keperluan orang banyak.” (HR. Baihaqi).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Takutlah kalian terhadap perbuatan aniaya, karena sesungguhnya aniaya itu adalah kegelapan pada hari kiamat. Dan takutlah kalian terhadap sikap kikir, karena sesungguhnya kikir itu membinasakan orang-orang sebelum kalian. Juga mendorong mereka mengalirkan darah mereka sendiri, dan menghalalkan kehormatan mereka,” (HR. Muslim)

Sifat pelit adalah keterbalikan dari sifat dermawan, dan menjadi salah satu sifat yang dibenci oleh Allah. Allah menegaskan janganlah kamu bersifat pelit, karena orang-orang di zaman dahulu yang hidup sebelum kamu telah binasa akibat sifat kikir nya.

Salah satu contoh nya adalah qarun, beliau beserta harta nya ditenggelamkan oleh Allah kedalam tanah akibat tidak mau berzakat dan bersedekah, alasan nya karena semua hartanya adalah hasil dari kerja keras nya, jadi untuk apa berbagi kepada orang lain?

Kenapa seseorang bisa pelit?


Seseorang yang pelit biasanya mereka takut akan kehabisan harta nya jika di bagikan ke orang lain, hal ini jelas bertentangan dengan prinsip sedekah, yang mana semakin banyak kita keluarkan maka akan semakin banyak pula yang kita dapatkan, bahkan Allah berjanji akan melipat ganda kan nya.

Cara menghilangkan rasa pelit


Lantas bagaimana cara nya untuk menghilangkan rasa pelit?

Pertama, pelajari indah nya berbagi dan sedekah. Semakin banyak kita menolong orang lain, maka akan semakin banyak pula kita mendapatkan pertolongan, semakin banyak bersedekah, maka akan semakin banyak pula yang kita dapatkan. Jangan khawatir hartamu akan berkurang dengan sedekah, karena Allah sudah berjanji akan mengganti nya bahkan dengan 10x lipat atau lebih.

Kedua, cobalah pelajari kehidupan orang-orang yang dermawan dan pelit, cari perbedaan diantara kedua nya, telusuri bagaimana kehidupan nya, kemudian kamu catat di atas sebuah kertas, dan coba banding kan lah.

Rata-rata orang yang dermawan pasti akan cenderung lebih sukses dibanding orang yang pelit, orang-orang hebat, orang-orang besar, orang-orang kaya pasti memiliki sifat dermawan.

0 Response to "Sifat pelit bisa mendatangkan musibah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel