4 cara mudah untuk Mengamankan Windows Kamu


Seiring perkembangan zaman, teknologi terus berkembang dari masa ke masa, dari zaman kita masih memakai walky talky, hingga generasi iphone ataupun android.

Semakin berkembangnya teknologi ini, otomatis resiko keamanan juga akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya orang-orang yang menyalahgunakan teknologi.

Kita tidak boleh anggap remeh mengenai ancaman bagi perangkat yang kita gunakan baik itu perangkat smartpone maupun pc, meskipun sudah menggunakan perangkat ternama tentunya selalu ada resiko keamanan,baik itu kebocoran data, maupun sebagainya. Untuk sebab itu ada baiknya jika kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Windows adalah salah satu system operasi yang sering dijadikan sasaran oleh para hacker untuk mencari mangsanya, dalam mengatasi hal ini,kami akan memberikan beberapa tips bagi kamu untuk mengamankan perangkat windows kamu baik itu komputer ataupun laptop.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan perangkat windows kamu:

Mengaktikan Windows Defender

Windows Defender adalah salah satu aplikasi keamanan bawaan dari windows yang sangat direkomendasikan untuk kamu. 

Windows Defender ini bekerja cukup efektif dalam mengamankan perangkat kamu, banyak fitur dan kelebihan yang disediakan sehingga kamu tidak perlu mendownload aplikasi keamanan lagi.

Untuk mengaktifkannya anda bisa menuju ke Settings > Update And Security > Windows Security lalu pilih Open Windows Defender Security Center.

Namun untuk lebih menjaga keamanan, tidak ada salahnya jika anda juga tetap menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal tersebut sangatlah wajar, kita harus mengantisipasi setiap resiko yang akan ditimbulkan.

Membuat Password Untuk User

Jika kamu berpikiran bahwa hanya kamu yang menggunakan perangkat mu dan tidak perlu menggunakan password, maka artinya kamu salah. 

Mungkin memang benar bahwa kamu yang menggunakan langsung perangkat tersebut, tetapi kita tidak tahu nanti ketika perangkat kita tiba-tiba dimonitor oleh seseorang melalui perangkat lain.

Untuk itulah perlu bagi kita dalam mengatur password, hal ini sangat berguna untuk mengamankan data-data kalian baik file penting dalam perangkat, maupun password atau data login yang tersimpan di pc atau laptop kamu. 

Pastikan juga untuk mengunci perangkat saat tertidur atau sedang tidak digunakan.

Cek Izin Aplikasi

Sebelum menginstall aplikasi atau software, kamu perlu memeriksa izin aplikasi yang akan kamu install, mungkin hal ini sering kamu abaikan dengan langsung menginstall aplikasi saja. 

Ini sangat penting karena kamu harus memeriksa apakah aplikasi tersebut berhubungan dengan system kemanan atau tidak, apakah memang aman atau membahayakan bagi perangkat kamu, jika ya maka segera batalkan proses penginstalan software tersebut. 

Beberapa permissions yang harus kamu hindari ialah system, lokasi, mikrofon dan juga kamera.

Jangan Asal Download

Pastikan kamu tidak mendownload aplikasi dari situs yang tidak jelas keamanannya terutama aplikasi-aplikasi bajakan. 

Mendownload aplikasi bajakan sama artinya dengan mempermudah orang lain untuk menyematkan malware ataupun virus yang bisa membahayakan perangkat mu. 

Untuk itu, baiknya bagi kamu untuk mendownload setiap aplikasi dari Microsoft Store yang merupakan situs resmi dari windows,atau paling tidak dari situs-situs yang sudah terpercaya.

0 Response to "4 cara mudah untuk Mengamankan Windows Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel