Beberapa Fitur Smartphone Yang Mengubah Dunia Photography

Sangcahaya.com – Di Era Digital saat ini, banyak sekali perubahan yang sudah terjadi dari yang dulunya kita menggunakan handphone yang beratnya bukan main hingga sekarang kita sudah menggunakan smartphone yang begitu tipis.

Begitu juga di dalam dunia fotografi, jika dulunya kamera slr seperti canon sangat dibanggakan kualitasnya namun kini bahkan kamera smartphone pun tidak kalah jauh dari kamera SLR.

Beberapa fitur terus dihadirkan untuk menyempurnakan penggunaan kamera pada smartphone, beberapa fitur diantaranya sudah mampu mengubah dunia fotografi menjadi lebih baik dan lebih maju. Berikut adalah beberapa fitur kamera dalam smartphone yang sudah mengubah dunia fotografi.

Camera 360


Jika dulunya kamera smartphone hanya bisa mengambil foto atau video dari 1 sudut pandang saja, namun kini sudah beda ceritanya. Anda bisa mengambil sudut pandang 360 derajat dengan satu kali pengambilan gambar, fitur ini sudah ada di beberapa jenis smartphone salah satunya ialah pada smartphone Samsung yang menggunakan kamera 25 Mp

Kamera ini menggunakan dua lensa dimana masing-masing mengambil 180 derajat secara vertical dan sisanya mengambil sudut secara horizontal. Fitur ini dirancang untuk platform virtual reality atau VR.

Kamera 4K


Beberapa smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy, Iphone dan Sony Xperia XZ Premium sudah mengusung penggunaan kamera 4k, ultra High Definition yang artinya anda bisa merekam video dengan sangat amat jernih. 

Kualitasnya bisa melebihi kamera slr dimana setiap sepersekian detik dari frame video diubah menjadi gambar-gambar atau foto yang disatukan. Hal ini sama sifatnya seperti foto vector dimana foto tersebut tidak akan pecah jika diperbesar.

Kamera Thermal Imaging

Sebuah terobosan baru dimana kamera smartphone dirubah menjadi sensor teknologi pendeteksi panas, dimana smartphone ini menggunakan kamera ganda 16 Mp yang disisipkan sebuah sensor dibelakangnya. Dengan teknologi ini memungkinkan anda untuk melihat suhu panas ataupun melihat objek didalam gelap.

Zoom Optik

Sebuah perusahaan optik telah berhasil membuat sebuah lensa optik mini, dimana pada smartphone, system zooming benar-benar dilakukan dalam artian lensa benar-benar diperpanjang. Dan bukan memperbesar secara digital. 

Hal ini memungkinkan gambar yang diambil akan jauh lebih baik kualitasnya meskipun kita ambil dari jarak yang jauh dan kita perbesar. Berbeda dengan jika kita memperbesar secara digital maka gambarnya akan terlihat kabur, pada umumnya smartphone yang menggunakan teknologi ini menggunakan system zoom ganda untuk meningkatkan kinerjanya.

Augmented Reality

Teknologi selanjutnya ialah Augmented Reality, dimana kamera ditugaskan untuk mendeteksi gambar-gambar tertentu yang nantinya akan diubah menjadi benda hidup di kehidupan nyata dalam sudut pandang kamera. Hampir semua smartphone terbaru sudah memiliki teknologi ini didalam perangkat lunak mereka.

Teknologi AI

Artifical Inteliggence atau kecerdasan buatan yang ditanamkan dalam sebuah lensa kamera dapat mempermudah penggunanya. System kecerdasan buatan ini dapat memindai objek didalam kamera secara langsung dan mengidentifikasi sebuah objek. Selain itu teknologi ini juga digunakan untuk memindai resolusi atau pengaturan terbaik dan menyarankan anda untuk memilih filter serta efek yang tepat.

Kamera Tiga Lensa

Dengan kamera tiga lensa,anda bisa mendapatkan bidikan yang terbaik dengan sudut pandang yang sangat lebar terlebih jika digabungkan dengan zoom optic. Selain itu teknologi ini juga dirancang untuk menyesuaikan intensitas cahaya,efek dan lain-lain.

0 Response to "Beberapa Fitur Smartphone Yang Mengubah Dunia Photography"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel