Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi Yang Pernah Terhubung di Perangkat Android


Begitu lama menggunakan smartphone Android, mungkin ada banyak sekali jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan perangkat anda. Entah itu jaringan Wi-Fi di sekolah, rumah, tempat kerja atau tempat publik lainnya. 

Setiap kali anda memasukkan kata sandi untuk terhubung di jaringan Wi-Fi tersebut, sebenarnya sistem Android akan menyimpannya, untuk memudahkan akses di kemudian hari.

Masalahnya adalah ketika anda ingin melihat kata sandi pada jaringan Wi-Fi yang sudah terhubung dengan smartphone Android anda. 

Mungkin anda ingin menghubungkan perangkat Android anda lainnya, atau mungkin ingin membaginya ke teman. Namun tanpa memiliki akses berupa kata sandi itu, maka akan sangat kesulitan.

Untungnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah seperti ini. Jika anda menggunakan Android 10 atau yang lebih baru, anda bisa melihat kata sandi Wi-Fi langsung dari halaman Settings. 

Namun jika anda menggunakan Android 9.0 Pie atau yang lebih lama, maka perangkat anda harus dilakukan root terlebih dahulu.



Android 10 Ke Atas

Metode pertama untuk Android 10 ke atas ini tidak membutuhkan proses root atau bahkan aplikasi tambahan. 

Pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari lokasi pengaturan Wi-Fi. Letaknya ada di Settings → Network & Internet → di situ akan terlihat data Wi-Fi beserta kata kunci yang dibutuhkan.

Sayangnya beberapa smartphone memiliki skin sendiri, sehingga lokasi Wi-Fi ini bisa berbeda-beda pada setiap smartphone. Namun cara tercepat untuk menemukannya adalah dengan menggunakan fitur pencarian di halaman Settings.

Android 9 ke Bawah

Jika smartphone anda menggunakan Android versi 9.0 dan yang lebih lama di bawahnya, satu-satunya cara untuk melihat kata sandi Wi-Fi ini adalah dengan melakukan root. Cara terbaik melakukan root adalah dengan memasang TWRP dan juga memasang Magisk.

Selanjutnya setelah berhasil melakukan root, anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk melihat kata sandi ini. Salah satu yang bisa anda gunakan adalah aplikasi WiFi Password Viewer. Unduh dan pasang lewat Google Play Store.

Saat pertama kali membuka aplikasi WiFi Password Viewer ini, anda akan dimintai akses superuser. 

Ketuk pada tombol Grant yang muncul, dan kemudian anda akan diarahkan ke daftar jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan perangkat Android anda tersebut. Nantinya di setiap list-nya akan dimunculkan kata sandi di bagian bawah.



Jika jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung cukup banyak, maka anda harus sabar menunggu hingga semua dimunculkan. 

Atau anda bisa menggunakan fitur pencarian untuk mempercepat anda mencari jaringan Wi-Fi yang ingin diketahui kata sandinya.

Anda juga bisa membagi kata sandi Wi-Fi tersebut dengan perangkat lain, karena sudah disediakan fitur khusus di dalam aplikasi tersebut. 

Ketuk pada daftar yang sudah muncul, kemudian akan muncul menu kecil dalam bentuk pop-up. Dari sini anda bisa memilih untuk menyalin kata sandi ke clipboard untuk ditempelkan ke aplikasi lain. 

Atau anda bisa melewati pop up itu, dan kemudian mengetuk tombol Share, dan memilih aplikasi perpesanan yang muncul dalam menu. Terakhir, anda juga bisa membaginya dalam bentuk kode QR.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Kata Sandi Wi-Fi Yang Pernah Terhubung di Perangkat Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel